PELATIHAN BUMG GAMPONG DOY

Banda Aceh, 11 Januari 2020, Gampong Doy melaksanakan pelatihan BUMG, Badan Usana  Milik Gampong  (BUMG) merupakan  program pemerintah  yang bertujuan  untuk memakmurkan Gampong melalui perekonomian yang mandiri. Badan usaha ini wajib didirikan oleh semua  Gampong  yang  telah  mendapatkan  sosialisasi  dan  pelatihan  dari  pemerintah  daerah kabupaten. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Gampong Doy dengan tujuan untuk membekali  perangkat  desa dan kelompok  kerja (Pokja) dengan  ilmu manajemen agar pelaksanaan pendirian BUMG dapat segera dilaksanakan dengan mantap dan berhasil.

Kepala Dinas DPMG, Bapak Dwi Putra pada arahannya menyampaikan bahwa Badan usaha milik Gampong  merupakan badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Gampong melalui penyertaan langsung yang berasal dari kekayaan Gampong yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa. Pelatihan keterampilan badan usaha milik Gampong salah satu upaya untuk memberikan pengetahuan, membekali pengurus BUMG agar lebih mampu memahami peraturan perundang-undangan mengenai pendirian bumdes, mengelola unit-unit usaha bumdes secara inovatif dan hal teknis lainya agar bisa menghasilkan profit baik finansial maupun sosial kepada masyarakat Gampong. Pendirian bumg diarahkan untuk mengelola aset atau potensi desa utamanya sumber daya alam. Pengurus bumg perlu berinovasi dan proaktif menelusuri hal baru untuk dikembangkan sebagai unit usaha produktif dengan tidak terbatas pada bidang usaha tertentu saja sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang lebih optimal. Mengakhiri arahannya,

 

Hasil pelatihan  menunjukkan  peserta  sangat  antusias  dalam  mengikuti  pelatihan  dan  mengajukan  berbagai pertanyaan  dan  mendiskusikan masalah-masalah  yang  mereka hadapi  sebelumnya.  Diakhir  pelatihan  peserta  menyatakan  bahwa  materi  pelatihan  sangat  lengkap  dan  sesuai  dengan  yang  dibutuhkan  peserta  dan  seluruh  peserta  merasa  mantap  untuk  segera  melaksanakan  pendirian  BUMG.  Pelatihan  ini  diharapkan  agar  peserta  dapat  segera  memenuhi kewajiban dari pemerintah untuk mendirikan BUMG dan mengelolanya dengan sukses.