Melihat Kemeriahan Maulid Raya di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh

 

Hampir semua warga muslim di dunia, punya cara tersendiri untuk mengenang hari lahir Nabi Muhammad SAW, atau disebut Maulid Nabi. Di Aceh, peringatan maulid selalu dilakukan dengan zikir dan makan bersama ragam menu menghadirkan kuliner khas masing-masing.

Misalnya, saat Pemerintah Kota Banda Aceh menggelar Maulid Raya yang dipusatkan di Lapangan Blang Padang pada Kamis (6/2/2020). Mulai pagi rombongan warga gampong (desa) di Kota Banda Aceh secara beriring-iringan membawa idang maulid (hidangan). Sebanyak 808 hidangan yang berisikan aneka kuliner tradisional Aceh termasuk menu Kuah Beulangong (belanga) yang disediakan untuk dinikmati bersama oleh ribuan warga termasuk tamu undangan dan wisatawan.
Hidangan-hidangan itu kemudian disantap ramai-ramai sambil duduk lesehan di bawah 126 unit tenda yang didirikan di lapangan tengah kota tersebut. Maulid Raya yang digelar Pemkot Banda Aceh turut disertai dengan kegiatan menyantuni 1.000 anak yatim dan 700 disabilitas, serta dimeriahkan dengan penyampaian ceramah maulid yang disampaikan Ustaz Das’ad Latif.

Selain itu, penceramah pada maulid tersebut, Ustaz Das’ad Latif menyampaikan sesama muslim menjaga kesatuan dan persatuan, berbeda pendapat (mashab) adalah hal yang biasa. Dari dulu ulama ulama kita berbeda pendapat, jangan saling menghina, menghasut, dan memojokkan, bersaudaralah karena Allah. “Jangan mencari dalil untuk melemahkan sesama muslim dan jangan mencela sesama muslim,” tutur seusai Maulid Nabi.

Belajar dari masa lalu, lanjutnya, konflik TNI dan GAM yang tidak ada enaknya, sekarang saatnya bersatu dan menjalin persaudaraan sesama muslim. “Jika Aceh damaikan yang nikmatikan orang Aceh bukan orang Sulawesi apalagi orang Jawa,” ungkapnya.

Ustaz Das’ad juga mengingatkan, Allah telah memberikan dua kenikmatan untuk Aceh. Pertama, kenikmatan melaksanakan syari’at Islam, dan kedua diberikan izin melindungi konstitusi untuk mendirikan partai lokal, kebijakan yang tidak dimiliki oleh provinsi lain di Indonesia.