Kegiatan PTM Gampong Doy Melalui Posbindu Ajak Masyarakat Rutin Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Gampong Doy (15/01/2024), Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.

Tujuan utama kegiatan Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular) adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Oleh karena itu sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM.

Dalam rangka peningkatan kesahatan masyarakat, UPT Puskesmas Ulee Kareng, dalam program PTM POSBINDU, melakukan kegiatan pengecekan TD, BB, GLUKOSA DARAH, CHOLESTEROL DAN URID ACID, secara rutin di Gampong Doy. Dengan harapan masyarakat selalu mengontrol kesehatan tidak hanya di posyandu, tetapi juga melalu POSBINDU.

Posbindu PTM bertujuan untuk mengontrol dan menjaga kesehatan secara optimal baik dengan upaya preventif seperti penyuluhan dan kuratif melalui sistem rujukan Posbindu PTM ke Puskesmas.